Minggu, 10 Maret 2019

Alasan Kenapa Harus Bergabung Tim Nusantara Sehat



 

Alasan Kenapa Harus Bergabung Tim Nusantara Sehat
Assalamu alaikum guys, buat kalian para generasi muda bangsa Indonesia yang ingin mengabdikan diri menjadi bagian dari Tim Nusantara Sehat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia jangan lewatkan kesempatan emas yang menanti masa depan kalian guys, tidak terasa sudah kurang lebih 4 bulan di penempatan tugas walaupun baru-baru di tempatkan tetapi tidak membatasi saya untuk mengutarakan apa yang saya rasakan bergabung Nusantara Sehat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan begitu banyak pengalaman menyenangkan yang telah dirasakan. Saya dapat menuliskan pengalaman saya dengan apa yang saya rasakan,apa yang yang say abaca dan apa yang orang lain pernah rasakan. Dengan adanya Permenkes 33 tahun 2018 tentang penugasan khusus tenaga kesehatan  dalam mendukung program nusantara sehat. Ada banyak pertanyaan dari teman seangkatan,teman kerja dan juga adik-adik junior  tentang perbedaan Tim Nusantara Sehat dengan Nusantara Sehat Individual. Yukk simak gambar di bawah ini:

Nahh guys sudah paham kan perbedaan yang ada di peraturan, jadi ditulisan saya kali ini ingin menulisakan alasan kenapa harus bergabung Tim Nusantara Sehat. Berikut beberapa poin dari jawaban kenapa.

1.      Kebersamaan yang luar biasa
Kalian generasi muda yang ingin merasakan kebersamaan ingin tetap merasa punya pemikiran luar biasa yang penuh semangat, yang punya banyak inovasi, yang suka sharing dengan teman, yang suka Ngetrip bersama, yang ingin menggali profesi teman yang lain, dan yang belum sempat saya tuliskan disini dengan kalian bergabung  Tim Nusantara Sehat kalian akan merasakan sendiri. Kebersamaan dalam tim dibangun mulai dari pendidikan dan pembekalan yang di laksanakan di Pusat Pendidikan Kesehatan (PUSDIKKES) dan Balai Besar Pelatihan Kesehatan Ciloto ( BBPK CILOTO). Ilmu yang diperoleh selama 40 Hari tidak semua orang bisa merasakannya mulai dari mengenal Komandan –komandan PUSDIKKES TNI AD  yang tegas luar biasa mendidik karakter kami yang berbeda-beda hingga membangun jiwa korsa kami, Para pemateri yang luar biasa ikhlas membagikan ilmunya kepada kami, Punya kakak Pembina alumni Nusantara Sehat yang selalu setia membagikan pengalaman, dan yang terspesial seluruh Tim Batch Nusantara Sehat seangkatan yang selalu kompak berjiwa korsa.
Kebersamaan itu kemudian dibawa hingga sampai kepenempatan yang selalu mengiringi kebersamaan antara se Tim, dan begitupun dengan Tim yang lainnya. Di penempatan yang terdiri dari profesi Dokter, Dokter Gigi, Perawat, Kesehatan lingkungan, kesehatan masyarakat, Bidan, Farmasi, Gizi, dan Ahli laboratorium medik yang saling melengkapi dan belajar mengenal keperibadian seseorang.
2.      Selalu dipantau Oleh Kemenkes RI
Guys walaupun Tim Nusantara Sehat tidak memilih lokus tapi kalian harus yakin Kemenkes RI menyediakan lokasi sangat terpencil namun sudah di tinjau dan aman buat kalian mengabdikan diri. Menurut saya dengan cara di tempatkan itu berarti saya telah mempercayakan takdir saya mencari rejeki yang telah di tetapkan oleh Allah SWT beliau tahu yang terbaik untuk hambanya baik dimana dan dengan siapa kita akan dipertemukan. Kalian akan dilengkapi pengaman dimana pun kalian akan ditempatkan pokoknya Kemenkes is the best lah.
3.      Saling menguntungkan
 Dengan keberadaan Tim Nusantara Sehat di puskesmas dimana dengan keberadaan Tim Nusantara Sehat sudah pasti ada inovasi dan dikenal sebagai agent of change sedangkan dengan keberadaan kami puskesmas memperoleh pasokan tambahan dana program yang mampu menunjang program kerja puskesmas.
4.      Memperoleh Tanggung jawab menambah program inovatif
Ketika kalian bergabung Tim Nusantara Sehat jangan pernah ragu dengan adanya tanggung jawab itu berarti kalian dipercayakan oleh Kemenkes RI untuk berinovasi untuk bangsa, kan keren guys kalian bisa buktikan kemampuan kalian dalam bekerja tim.
5.      Setelah Purna dari Tim Nusantara Sehat
 Guys saya sarankan jangan terlalu berharap apa yang Negara berikan kepada kamu tetapi berusahalah berikan yang terbaik untuk Negara. Jika kalian benar-benar ingin mengabdikan diri dan beruntungnya sih setelah purna tugas Tim Nusantara Sehat ada beberapa yakni diprioritaskan memperoleh beasiswa lanjut pendidikan berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Pemberian Beasiswa Bagi Tenaga Kesehatan Pasca Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan dan setelah tugas Tim Nusantara Sehat bisa melanjutkan Nusantara sehat Individual.
        Guys itu beberapa gambaran alasan kenapa harus bergabung Tim Nusantara Sehat. Masih ada 1000 alasan lagi, hehe caranya gampang kalian hanya bergabung dengan kami. Kalian akan merasakan apa yang telah saya rasakan dan kalian akan merasakan apa yang kalian akan rasakan. Let’s join Tim Nusantara Sehat. 

2 komentar: